Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Apakah Prosesor Gagal dan Cara Memperbaikinya

Cara Mengetahui Apakah Prosesor Gagal dan Cara Memperbaikinya


Central Processing Unit (CPU), juga dikenal hanya sebagai prosesor, dianggap sebagai jantung dari sistem komputer. Terlepas dari apa yang dikatakan judul posting ini, CPU sangat jarang gagal dan jika ya, tidak banyak yang dapat dilakukan pengguna rata-rata tentang hal itu, dalam arti tertentu. 

Posting ini dimaksudkan untuk mendidik pengguna tentang hal-hal yang harus diwaspadai daripada memberikan langkah-langkah konkret untuk membuat CPU yang gagal berfungsi kembali. Jika Anda mencari panduan lebih teknis tentang cara menghidupkan kembali CPU yang gagal, kami sarankan Anda mencari panduan lain.


Sebelum kita melanjutkan ke topik utama, kami ingin mengingatkan Anda bahwa kami menerima permintaan bantuan mengenai komputer Windows mereka. Jika Anda memiliki masalah yang tampaknya tidak dapat Anda temukan solusinya, kirimkan masalah Anda kepada kami dengan mengikuti tautan di bagian bawah halaman ini.

Ingat saja, masalah windows terkadang sulit didiagnosis, jadi pastikan Anda memberi kami deskripsi masalah yang sangat rinci. Anda ingin menyebutkan riwayat relevan yang mungkin menyebabkan masalah tersebut. Semakin banyak informasi yang dapat Anda berikan, semakin tinggi kemungkinan kami mendiagnosis masalah dengan lebih efisien.

Kami juga berharap Anda menyebutkan langkah pemecahan masalah apa pun yang mungkin telah Anda lakukan sebelum menghubungi kami untuk mencegah pengulangannya di artikel kami. Sekali lagi, semakin banyak detail yang dapat Anda berikan kepada kami,



Gejala kegagalan CPU


Secara desain, komputer saat ini tidak akan memuat sistem operasi jika komponen penting seperti CPU tidak berfungsi. Dengan kata lain, proses boot up biasa tidak dapat diselesaikan karena POST atau Power-On Self-Test akan menunjukkan bahwa ada komponen penting yang hilang dalam sistem.

Komponen lain seperti kipas, hard drive, dan motherboard pada umumnya akan terus bekerja tetapi proses boot up pada akhirnya akan berakhir di layar biru kesalahan kematian. 

Namun, ada gejala lain yang dapat diamati sebelum dan selama kegagalan CPU yang harus Anda waspadai. Mengetahui mereka dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah lebih cepat, mempersingkat waktu henti.


Mengunci atau mematikan pc saat panas berlebih
. Jika Anda memperhatikan bahwa komputer Anda telah mengunci instance sebelum crash terakhir, salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan adalah CPU yang buruk.

Mungkin terlalu panas yang menyebabkan sistem mati secara otomatis untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. CPU memiliki kipas built-in untuk menjaga dirinya tetap dingin tetapi jika kipas gagal karena suatu alasan, CPU dapat menjadi terlalu panas untuk sementara.

Ini adalah salah satu alasan mengapa Anda harus memastikan bahwa semua kipas di komputer Anda diperiksa dan dibersihkan setahun sekali. Debu terkadang dapat mencekik kipas sehingga menjauhkannya secara teratur dapat membuat atau merusak sistem.

Jika CPU Anda tampaknya sering mengalami panas berlebih, pertimbangkan untuk membersihkan kipasnya terlebih dahulu. Jika itu tidak berhasil, periksa BIOS untuk melihat apakah ada cara bagi Anda untuk menurunkan RPM-nya. Melakukannya dapat berdampak signifikan pada kinerja,


Perlu diingat bahwa panas berlebih yang berkepanjangan dapat merusak CPU secara permanen. Jika Anda 100% yakin bahwa CPU terlalu panas (beberapa motherboard memiliki alat diagnostik untuk memungkinkan Anda memantau suhu CPU), temukan cara untuk menurunkan suhu, atau konsultasikan dengan ahlinya tentang cara memperbaikinya. 

Bip.Seperti disebutkan di atas, komputer Anda menjalankan pemeriksaan mandiri (POST) untuk memverifikasi apakah semua periferal penting berfungsi atau tidak. Jika tes akan menemukan bahwa CPU tidak bekerja, maka proses boot up akan terganggu dan motherboard akan mengeluarkan suara bip.

Bunyi bip sebenarnya adalah kode yang membantu teknisi mengidentifikasi masalah, jadi pastikan Anda mencatat berapa banyak bunyi bip yang ada. Anda kemudian dapat mencari Google apa arti kode bip.


Motherboard atau CPU yang hangus
. Panas berlebih yang parah dapat melelehkan atau meninggalkan tampilan hangus pada motherboard atau CPU itu sendiri. Coba lepaskan motherboard dari menara dan lepaskan CPU untuk melihat apakah ini masalahnya (langkah-langkah disediakan di bawah).

Jika overheating buruk, CPU mungkin rusak secara permanen. Dalam hal ini, tidak ada lagi yang dapat Anda lakukan. Ganti saja dan lanjutkan hidup Anda. Tergantung pada kerusakannya, motherboard juga dapat dianggap tidak berguna, jadi pastikan Anda juga memperbaiki masalah motherboard setelahnya.

Alasan kegagalan CPU


Seperti komponen elektronik lainnya, CPU dapat mati karena alasan sederhana. Di bawah ini adalah item yang harus Anda minimalkan dalam sistem jika Anda ingin memperpanjang umur CPU.


Panas. CPU yang berfungsi menghasilkan panas tetapi jika tingkat panas melampaui ambang batas normal, CPU dapat mati karenanya. Sekali lagi, jangan pernah meremehkan kekuatan penggemar. Ada alasan mengapa sistem pendingin ekstensif mahal. Jika memungkinkan, letakkan komputer di ruangan ber-AC agar penumpukan panas menjadi lambat.



Penuaan. Beberapa prosesor dapat hidup lebih lama dari semua komponen lain tetapi sebagian besar waktu, Anda dapat mengharapkan CPU lama untuk menyerah kapan saja. Jika Anda memiliki sistem yang lebih lama (lebih dari 5 tahun), CPU dapat tiba-tiba mati meskipun dirawat dengan benar.

Komponen pertama dalam perakitan CPU yang biasanya menyerah adalah kipas. Seiring waktu, bagian yang bergerak ini mencapai batas alaminya dan tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Ada jutaan transistor dalam CPU dan jika salah satu dari dua transistor berhenti bekerja, CPU mungkin tidak berfungsi jika melakukan tugas tertentu. Yang ini sulit untuk diperiksa secara langsung jadi jika Anda telah mengesampingkan semua kemungkinan penyebabnya, satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah mengganti CPU.


Stres yang tidak semestinya atau overclocking
. CPU dinilai berdasarkan kecepatan clock mereka. Beberapa CPU dirancang untuk memungkinkan kecepatan clock yang lebih cepat untuk meningkatkan kinerja tetapi ini ada harganya. Overclocking dapat menambah tekanan pada unit, memperpendek umur keseluruhan dalam proses.

Dengan kata lain, Anda mempergunakan umur panjang CPU untuk lebih banyak kekuatan pemrosesan, yang tidak sepenuhnya buruk. Jika Anda memiliki sumber daya untuk mendapatkan CPU yang lebih cepat, kami sarankan Anda melakukannya daripada melakukan overclocking.


Lonjakan daya atau tegangan tidak stabil
. Banyak prosesor saat ini sangat andal sehingga mereka dapat berjalan terus menerus selama bertahun-tahun tanpa mogok. Namun, jika Anda berada di area dengan badai petir yang sering atau saluran listrik yang tidak stabil, lonjakan daya dapat secara efektif mematikan prosesor, jika bukan komponen lainnya di motherboard. 

Cobalah untuk tidak menghubungkan komputer Anda langsung ke stopkontak. Jika memungkinkan, gunakan pelindung lonjakan arus untuk melindungi komputer Anda dari lonjakan daya yang tiba-tiba.


Motherboard yang buruk. Motherboard adalah interkoneksi canggih dari banyak komponen yang berbeda dan terkadang, bahkan satu kapasitor yang buruk dapat menyebabkan komponen lain gagal. Coba lakukan pemeriksaan visual hardware pada motherboard dan awas kapasitor bocor atau menggembung. Jika Anda menemukannya, kemungkinan besar itu menyebabkan CPU gagal.

Cara mengatasi masalah CPU yang Gagal


CPU berfungsi atau tidak. Jika dipasang dengan benar, CPU akan bekerja sampai mati, kecuali jika terjadi sesuatu yang drastis seperti lonjakan daya, sambaran petir, kerusakan motherboard yang parah. Yang mengatakan, jika CPU tampaknya tidak berfungsi lagi, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menggantinya. Periode.


Periksa apakah sistem terlalu panas. Sebelum Anda mempertimbangkan pelepasan fisik CPU dan menguji yang baru, Anda harus memeriksa ulang apakah sistem menunjukkan tanda-tanda kepanasan. Berikut beberapa langkah konkrit yang bisa Anda coba:


  • Pastikan aliran udara bersih. Terkadang, kabel tambahan di dalam casing dapat menghalangi ventilasi penting. 
  • Jaga agar jumlah penggemar tetap terkendali. Terlalu banyak penggemar tidak selalu berarti lebih baik.
  • Jika Anda masih dapat mengakses BIOS, pastikan BIOS menjalankan versi firmware terbaru. Proses pembaruan tergantung pada papan yang Anda gunakan, jadi pastikan Anda membaca dokumentasi yang menyertainya. Biasanya, Anda akan mengetahui versi BIOS dengan memeriksa string BIOS yang muncul saat boot-up. Motherboard lain mungkin memiliki cara berbeda untuk menampilkan versi firmware mereka, jadi sekali lagi, lakukan pencarian Google kecil atau gunakan manual.
  • Periksa kipas atau unit pendingin. Langkah ini hanya berlaku jika Anda tahu cara melepas dan memasang kembali CPU. Jika ya, pastikan pin penekan berada di posisi yang benar dan unit pendingin terpasang dengan benar ke motherboard. Bersama dengan langkah ini adalah untuk memeriksa apakah ada bahan antarmuka termal di bagian bawah unit pendingin. 

Jika tidak ada, itu mungkin alasan mengapa komputer terlalu panas. Bahan antarmuka termal sering kali datang dalam bentuk lem termal.
Jika tidak terjadi apa-apa selama boot, yaitu tampilan tetap biru atau hitam dan Anda mencurigai kegagalan prosesor, Anda harus melakukan langkah-langkah berikut: 

  • Periksa apakah lampu LED daya pada motherboard menyala atau mati.
  • Jika lampu LED mati, periksa motherboard atau masalah catu daya.
  • Jika lampu LED menyala, periksa apakah kipas prosesor berputar saat sistem dihidupkan.
  • Jika kipas prosesor berputar, Anda harus melakukan tes swap menggunakan prosesor lain yang bisa diterapkan. Pastikan perangkat lain berfungsi dengan benar.

Bagaimana mencegah kegagalan CPU


Terlepas dari keandalannya, Anda ingin memastikan bahwa CPU komputer Anda hidup sepenuhnya. Karena panas berlebih sering menjadi alasan paling umum kegagalan CPU, berikut adalah hal-hal yang harus Anda lakukan untuk mencegahnya.


Pantau tingkat panas CPU. Motherboard berkualitas tinggi menyediakan alat pemantauan untuk suhu CPU dan kecepatan kipas dalam BIOS jadi pastikan untuk menggunakannya. Sekali lagi, bagaimana alat pemantauan diimplementasikan tergantung pada motherboard yang Anda miliki, jadi gunakan dokumentasi yang disertakan sebagai referensi.

Alat pemantauan di BIOS dirancang agar mudah digunakan sehingga Anda bahkan dapat menggunakan mouse. Pembacaan suhu seringkali dalam bentuk biasa sehingga Anda dapat memahaminya dan jika Anda beruntung, mungkin ada referensi tentang apa yang normal dan tidak.


Jika Anda tidak dapat menetapkan suhu dasar, Anda harus menghitungnya sendiri dengan mencatat berapa suhu CPU saat dalam keadaan idle. Setelah itu, Anda perlu meletakkan CPU di bawah beban sehingga Anda juga dapat mencatat suhu operasinya. Jika Anda menjalankan program pemantauan motherboard, atur nilai tripwire yang wajar untuk suhu dan konfigurasikan program untuk memberi tahu Anda saat suhu tersebut terlampaui.


Gunakan pendingin CPU yang baik
. CPU yang dibeli di toko ritel termasuk pendingin stok tetapi jika Anda mampu membeli pendingin pihak ketiga yang berkualitas, lakukanlah.

Pendingin aftermarket biasanya lebih efisien daripada pendingin stok tetapi juga bisa lebih berisik, jadi tentukan pilihan Anda tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan kinerja yang baik, lanjutkan dengan yang aftermarket.

Jika Anda yang memasang pendingin, pastikan Anda membersihkan permukaan prosesor dengan benar sebelum menerapkan senyawa termal. Selain itu, pastikan unit pendingin terpasang dengan pas di dalam prosesor.



Bersihkan tower secara teratur
. Ini cukup jelas tetapi sekali lagi, kami tidak dapat cukup menekankan perlunya meminimalkan debu di dalam menara. Debu dapat menyumbat ventilasi, mengurangi aliran udara ke prosesor dan komponen lainnya.


Gunakan Sasis yang Diuntungkan Secara Termal
(TAC). TAC Thermally Advantaged Chassis adalah istilah mewah untuk kasing yang lebih canggih yang dirancang untuk mengarahkan panas ekstra jauh dari komponen dalam (luar).

TAC bisa mahal tetapi bisa menjadi metode yang efektif untuk meminimalkan panas di dalam casing. Jika Anda memiliki sumber dana, kami sarankan agar Anda menggunakannya daripada casing standar.


Lokasi, lokasi, lokasi
. Menempatkan komputer Anda di dekat sumber panas dalam bentuk apa pun adalah larangan besar. Tempat yang sejuk dan kering tidak apa-apa, tetapi ruangan dengan pengatur suhu lebih baik. 

Komputer, jika bisa akan memilih lingkungan yang lebih dingin daripada yang panas setiap hari, jadi pastikan Anda membantunya mendapatkannya.



Kami di sini untuk membantu


Jika Anda mengalami masalah dengan komputer Windows Anda, jangan ragu untuk memberi tahu kami tentang hal itu. Kami memahami betapa frustasinya masalah komputer, terlebih lagi jika Anda tidak dapat menemukan solusi yang tepat sama sekali.

Blog kami hadir untuk membantu pengguna PC dan komunitas Windows mengatasi masalah mereka secara efektif. Untuk terlibat dengan kami, cukup isi formulir di tautan ini dan tunggu artikel kami diterbitkan. Untuk membantu sebanyak mungkin orang, kami hanya memberikan solusi kami melalui pos jadi jangan berharap kami akan membalas email atau pesan pribadi Anda.

Dengan membuat semua posting publik, kami dapat membagikan solusi kami kepada pengguna lain dengan cara yang lebih efisien. Kami tidak dapat menjamin respons yang cepat, jadi jika masalah Anda sensitif terhadap waktu, temukan cara lain untuk menyelesaikan masalah Anda.

Post a Comment for "Cara Mengetahui Apakah Prosesor Gagal dan Cara Memperbaikinya"