Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Resolusi Layar Menggunakan Command Line di Windows 10

Cara Mengubah Resolusi Layar Menggunakan Command Line di Windows 10


Meskipun Anda selalu dapat mengubah resolusi layar menggunakan pengaturan "Display", Windows 10 tidak menyertakan fitur setara baris perintah untuk menyesuaikan resolusi layar menggunakan Command Prompt atau PowerShell.

Fitur seperti itu akan berguna untuk mengubah resolusi layar dengan cepat untuk aplikasi dan game tertentu yang bekerja paling baik pada resolusi tertentu. Juga, menggunakan alat baris perintah memungkinkan untuk mengotomatisasi proses dengan skrip dan bahkan menggunakan Penjadwal Tugas.


Namun, jika Anda harus mengubah resolusi monitor dengan Command, Anda dapat menggunakan QRes oleh Anders Kjersem. Alat kecil ini tidak memerlukan instalasi dan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan resolusi piksel tampilan melalui Command Prompt.


Dalam panduan ini, Anda akan mempelajari langkah-langkah untuk memilih resolusi tampilan yang berbeda untuk monitor Anda di Windows 10 menggunakan perintah.


Ubah resolusi layar menggunakan Command Prompt
Untuk mengubah resolusi layar dengan perintah di Windows 10, gunakan langkah-langkah ini:

  1. Pertama Unduh QRes dari situs web ini.
  2. Klik kanan file QRes.zip dan pilih tombol Ekstrak Semua.
  3. Klik tombol Ekstrak.
  4. Ketik CMD dan tekan Enter di bilah alamat folder "QRes" untuk membuka Command Prompt di lokasi.

  5. Ketik Command berikut untuk mengubah resolusi layar dan tekan Enter:


    QRes.exe /x:1689 /y:1050


    Dalam perintah, pastikan untuk mengubah jalur untuk file QRes.exe, dan masukkan resolusi piksel lebar (x) dan tinggi (y) yang didukung. Misalnya, 1366 x 768, 1440 x 900, 1680 x 1050, 1920 x 1080, 2560 x 1440, dll.


Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, layar akan berubah ke resolusi yang ditentukan.

Ubah Resolusi Layar Menggunakan Script


Atau, Anda dapat menggunakan QRes untuk membuat script file yang dapat Anda klik dua kali atau jadwalkan dengan Penjadwal Tugas untuk mengubah resolusi tampilan secara otomatis.


Untuk membuat script untuk mengubah resolusi layar di Windows 10, gunakan langkah-langkah ini:

  1. Buka Mulai.
  2. Cari Notepad dan klik hasil teratas untuk membuka aplikasi.
  3. Salin dan tempel script command berikut:


    %homepath%\Downloads\QRes\QRes.exe /x:1689 /y:1050


    Dalam Command, pastikan untuk mengubah jalur untuk file QRes.exe, dan masukkan resolusi piksel lebar (x) dan tinggi (y) yang didukung. Misalnya, 1366 x 768, 1440 x 900, 1680 x 1050, 1920 x 1080, 2560 x 1440, dll.
  4. Klik menu File.
  5. Pilih opsi Save as.
  6. Simpan file batch dengan nama deskriptif dan ekstensi file.bat.


Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, klik dua kali file batch, dan resolusi layar akan berubah secara otomatis tanpa perlu langkah tambahan.


Jika Anda perlu mengubah resolusi tampilan terus-menerus, disarankan untuk membuat file batch lain untuk mengembalikan resolusi aslinya. Anda selalu dapat mengetahui tentang semua solusi yang didukung oleh monitor Anda di Settings > System > Display.


KRITIK DAN SARAN


Jangan ragu untuk mengirimkan pertanyaan, saran, dan masalah yang Anda temui saat menggunakan komputer Anda. Kami mendukung setiap perangkat komputasi yang tersedia di pasar saat ini.


Dan jangan khawatir, kami tidak akan mengenakan biaya sepeser pun untuk pertanyaan Anda. Hubungi kami melalui kontak kami. Kami membaca setiap pesan yang kami terima tetapi tidak dapat menjamin tanggapan yang cepat.


Jika kami dapat membantu Anda, tolong bantu kami menyebarkan artikel dengan membagikan kiriman kami kepada teman-teman Anda

Post a Comment for "Cara Mengubah Resolusi Layar Menggunakan Command Line di Windows 10"